Pages

Posted on: Jumat, 04 Februari 2011

Apple | Samsung IPhone Apple | iPhone 4 | Tablet | Samsung 6 Series | Samsung 7 Series

Apple | Samsung IPhone Apple | iPhone 4 | Tablet | Samsung 6 Series | Samsung 7 Series

Adu Tipis Samsung dengan Apple



Apple Inc tampaknya tak bisa menganggap remeh Samsung Electronics Corp. Tahun lalu, perusahaan yang bermarkas di Korea Selatan ini dinilai sukses membuat telepon seluler pintar Samsung Galaxy S dan komputer tablet Samsung Galaxy Tab sebagai produk tandingan untuk iPhone 4 dan iPad buatan Apple.
Kendati angka penjualannya belum bisa menyalip iPad yang mencapai 7,4 juta unit di seluruh dunia, Samsung cukup berbangga karena pangsa pasar yang direbutnya melalui tablet seluas 7 inci itu mampu mencetak angka penjualan hingga lebih dari 1 juta unit sampai akhir tahun lalu. Tak hanya iPhone 4 dan iPad, pada awal tahun ini Samsung juga memperkenalkan sebuah perangkat yang bekerja seperti Apple iPod Touch, yakni Samsung Galaxy Player.
Apakah Samsung berhenti membuat produk pesaing buatan Apple? Jawabannya tidak. Dalam acara Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat, yang berlangsung pekan lalu, Samsung memperkenalkan sebuah komputer jinjing dengan tampilan yang sangat tipis, yakni Samsung 9 Series. Pada Oktober tahun lalu, Apple telah meluncurkan MacBook Air, notebook paling tipis di antara jajaran komputer Macintosh (Mac) lainnya.
Samsung 9 Series diklaim sebagai notebook paling tipis di dunia karena ketebalannya hanya 0,64 inci atau selisih 0,12 inci dibanding MacBook Air. "Ini benar-benar notebook yang mendobrak pandangan tentang laptop tradisional," kata Direktur Pemasaran PC Mobile Samsung Enterprise Scott Ledterman.
Komputer jinjing yang cocok sebagai teman untuk bekerja dan menikmati hiburan ini memiliki bobot 1,3 kilogram. Supaya notebook ini terlihat ramping dan ringan, Samsung memakai bahan duralumin, sejenis aluminium ringan yang biasa digunakan pada pesawat terbang. Desainnya juga dibentuk dengan lekukan alami sehingga menampilkan kesan ergonomis dan memberikan kenyamanan bagi pengguna.
Hadir dengan layar seluas 13,3 inci, Ledterman mengatakan, Samsung 9 Series menggunakan teknologi LED-backlit yang mampu memberi tampilan visual berkualitas tinggi dengan 16 juta warna, resolusi 1.366 x 768, dan rasio kontras 100.000 : 1. Ada pula sensor cahaya untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar berdasarkan kondisi pencahayaan di sekitar laptop sehingga mengurangi ketegangan pada mata. Pengguna juga tak perlu khawatir apabila mengetik di tempat yang gelap karena papan ketiknya backlit atau otomatis menghasilkan cahaya.
Samsung 9 Series berjalan dengan menggunakan prosesor Intel Core i5, Intel HD grafis, dan memori 4 gigabita. Baterainya terbuat dari litium polimer yang dapat bertahan hingga 6,5 jam. Baterai jenis ini juga dinilai dua kali lipat lebih tahan lama jika dibanding baterai litium biasa karena memiliki seribu kali siklus pengisian dan bisa bertahan hingga tiga tahun.
Untuk konektivitas, Samsung 9 Series dilengkapi port USB 3.0, Wi-Fi, Bluetooth, dan built-in WiMAX. Notebook yang mulai dipasarkan pada Februari mendatang ini akan dibanderol seharga US$ 1.599 atau sekitar Rp 14,4 juta.
Engadget | Rini Kustiani
* * *
Siapa Lebih Andal
Spesifikasi Samsung 9 Series Vs MacBook Air
Samsung 9 Series
Prosesor: Intel Core i5
Sistem Operasi: Windows Professional
Memori: 4 gigabita DDR3
Layar: 13,3 inci LED-backlit HD SuperBright Plus
Resolusi: 1.366 x 768
Baterai: Lithium Polymer tahan hingga 6,5 jam
Konektivitas: Wi-Fi, BlueTooth, WiMax (optional)
Bobot: 1,3 kilogram
Ketebalan: 0,64 inci
Bahan pelapis: Duralumin
MacBook Air
Prosesor: Intel Core 2 Duo
Sistem Operasi: Mac OS X
Memori: 2 gigabita DDR3
Layar: 11,6 inci dan 13,2 inci LED-backlit
Resolusi: 1.366 × 768 (untuk layar 11,6 inci) dan 1.440 × 900 (layar 13,2 inci)
Baterai: Li-Polymer tahan hingga 7 jam
Konektivitas: Wi-Fi, Bluetooth
Bobot: 1 kilogram (11,6 inci) dan 1,3 kilogram (13,2 inci)
Ketebalan: 0,72 inci
Bahan pelapis: aluminium
* * *

3 komentar:

halobro mengatakan...

siapa yg menang ya kira2..he..he..thanks n salam

lina@women's perspectives mengatakan...

Persaingan yang menarik...

dzoe falsshoolic justwalkalone mengatakan...

berat ke apple akh :D

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
eXTReMe Tracker